• Wednesday, 27 March 2024
  • Surahman Ana
  • 0

Foto : Dok. Panitia

Hadir di Indonesia pada tahun 2007, Siddharta The Musical  akan kembali menampilkan aksi terbaiknya di Kota Jakarta, kali ini di JIEXPO Theatre Kemayoran, pada 24-26 Mei 2024 mendatang. Drama musikal ini dipersembahkan oleh ASIA Musical Productions yang telah digelar selama 25 tahun di berbagai negara.

Sutina Irsan, panitia acara menyampaikan bahwa pertunjukan ini dalam rangka memperingati Hari Suci Waisak 2568 BE, dan 25 thn Silver Anniversary Siddhartha The Musical yang dirintis oleh Producer & Writer Ms Ho Lin Huay, di tahun 1999. Ia menambahkan, dalam pentas kali ini melibatkan puluhan peserta dari Malaysia dan Indonesia.

“Tokoh penting dalam acara Siddhartha The Musical ini yang sudah tidak asing lagi bagi umat umat buddhis di Indonesia khususnya di Jakarta, adalah Immee Ooi sebagai penata musik dan producer & directornya Ho Lin Huay. Mereka berdua adalah tokoh-tokoh musik dan musikal yang sangat berbakat & terkenal dari Malaysia. Peserta dari Malaysia penari dan teamnya berjumlah 70 orang, dan kali ini berkolaborasi dengan 11 penari dari Eki Dance Indonesia,” ujar Sutina kepada BuddhaZine pada Selasa (26/03/2024).

Siddhartha The Musical adalah produksi musik asli oleh Kuil Chu Un, dan disutradarai di bawah Akademi Seni Fo Guang Shan Filipina. Musikal ini merupakan adaptasi dari biografi Buddha Sakyamuni, yang ditulis oleh Master Hsing Yun, pendiri Ordo Buddha Fo Guang Shan di Taiwan. Kisah ini mencakup seluruh kehidupan Pangeran Siddhartha, sejak dilahirkan hingga hari ia meninggalkan kehidupan duniawinya dan mencapai penerangan sempurna menjadi Buddha, dua ribu enam ratus tahun yang lalu.

Pertunjukan pertama diadakan pada tanggal 6 Juli 2007 di Waterfront Cebu dengan nama Siddhartha: Perjalanan Musikal Menuju Pencerahan. Karena respon positif dan kesuksesan acara secara keseluruhan, para pemain diundang untuk menampilkan cuplikan musikal di Fo Guang Shan di Kaohsiung, Taiwan untuk merayakan ulang tahun Master Hsing Yun pada bulan September 2007.

Pertunjukan ulang musikal secara keseluruhan di Pusat Kebudayaan Filipina di Manila berhasil diselesaikan pada tanggal 4 November 2007. Pertunjukan Manila dibawakan oleh I.B.P.S. Manila, Filipina dan Asosiasi Internasional Cahaya Buddha – Filipina.

Dari awal yang sederhana, Siddhartha the Musical telah menarik perhatian seniman dan artis yang pernah tampil di panggung internasional. Siddhartha the Musical sejauh ini telah tampil dalam pertunjukan kelas dunia di beberapa negara seperti di Filipina – Cebu, Manila, Iloilo, Bacolod (2007-sekarang), Taiwan – Kaohsiung, Taichung, Keelung, Tainan, Taipei (2008-2013 & 2016-sekarang), Singapura (2015), Malaysia – Kuala Lumpur (2015), Hongkong (2015), Makau (2015), Amerika Serikat – New York, Houston, Las Vegas, San Francisco, Los Angeles (2013 & 2018), Selandia Baru – Christchurch (2016), Jepang (2016), dan Australia – Brisbane, Melbourne, Sydney (2017).

Sementara di Indonesia sendiri Siddhartha The Musical pertama kali pentas pada tahun 2007, di Jitec Mangga Dua Square.  Menurut Sutina, antusias penonton pada penampilan perdananya di Jakarta sangat tinggi, hingga melebihi batas target dari panitia.

“Waktu itu dipentaskan tiga kali pertunjukkan, dimana kapasitas di Jitec Mangga Dua Square waktu itu dihadiri oleh 12.000 penonton, padahal target kita hanya 10.000 penonton. Melihat antusias para  penonton di Jakarta, team pemain dari Malaysia ini sangat senang dan terkagum melihat begitu antusias penonton yang datang. Bahkan ada yang tetap ingin beli tiket walaupun tiketnya sudah habis terjual,” ungkap Sutina.

Berkaca pada pentunjukkan yang pertama, Sutina mengaku mendapatkan dorongan dari produser Siddharta The Musical untuk kembali mengadakan pentas di Indonesia. “Miss Ho Linhuay, yang suatu hari berkunjung ke Jakarta bercerita, bahwa mereka, para pemain sangat ingin dan berharap bisa adakan lagi musikal ini di Jakarta,” Sutina bercerita.

Hingga kini, video trailer di instagram untuk tampilan keduanya telah ditonton lebih dari 360.000 ribu kali. Sutina berharap tanggal 24 Mei mendatang mendapatkan respon yang lebih banyak dari sebelumnya. Untuk menonton drama musikal luar biasa ini, umat Buddha atau pun masyarakat umum bisa memesan tiket melalui web siddhartamusicaljakarta.com atau melalui kontak WhatsApp Setia Widjaja (+62 818-735-553).

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara