• Tuesday, 16 May 2023
  • Surahman Ana
  • 0

Ratusan umat Buddha Jawi hadir dalam perayaan Kembul Bogana Atthasila (buka puasa bersama) yang berlangsung di Griya Bodhi Kumara/Sanggar Pamujan Buddha Jawi, yang terletak di Dusun Umbul Pugung, Desa Tri Tunggal, Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur, pada hari Minggu (14/5).

Upacara ini dipimpin oleh Pandita Siva Buddha, Rama Bodhi Kumara (Kabodhan), dan Ida Rsi Giri Nata (Kasaiwan). Ceramah Dharma disampaikan oleh Maha Pandita Pujiyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Sesepuh Buddha Jawi Lampung, Budhi Kumara, menjelaskan bahwa upacara ini merupakan sebuah selamatan yang juga dihadiri oleh para tokoh agama lainnya.

“Ini adalah upacara wilujengan yang penuh dengan doa-doa keselamatan. Sekitar 250 orang ikut serta dalam acara ini, termasuk para tokoh agama dari berbagai denominasi dan perwakilan dari Kapitayan (Penghayat),” jelas Budhi.

Rangkaian upacara dimulai dengan persembahan puja, dilanjutkan dengan puja bakti, dan Panglukatan/Sesirat Amerta Tirta. Suasana sakral semakin terasa dengan penampilan seni Tari Sembah Sigeh Pengunten dan Tari Penghormatan Pendet. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi sambutan dan ceramah Dharma.

Maha Pandita Pujiyanto, Ketua Paguyuban Pelestari Budaya Provinsi Jawa Tengah yang berasal dari Tuntang, Semarang, mengungkapkan kekagumannya atas persatuan umat dari Bali dan Buddha Jawi dalam upacara ini.

“Saya sangat terkesima melihat bahwa saudara dari Bali bisa bersatu dengan komunitas Buddha Jawi di Lampung ini,” ujar Pandita Pujiyanto. 

Ia juga mengapresiasi umat Buddha Jawi Lampung yang menjunjung tinggi kebudayaan Nusantara. Sebagai tanda penghargaan, ia berencana mengundang komunitas Buddha Jawi Lampung untuk mengunjungi Jawa dan mengajarkan pembuatan sesaji yang unik. 

“Orang Buddha, khususnya orang Jawa, harus tetap menjaga kebudayaan Jawa yang indah ini,” tambah Rama Pujiyanto.

Upacara ini juga sekaligus menjadi perayaan ulang tahun Sesepuh Buddha Jawi Lampung, Rama Budhi Kumara. Sebagai hadiah dan ungkapan kegembiraannya atas semangat komunitas tersebut, Maha Pandita Pujiyanto dan para Rama dari Jawa Tengah akan memberikan bantuan berupa busana Jawa kepada umat Buddha Jawi di Lampung.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara