• Saturday, 16 July 2022
  • Deny Hermawan
  • 0

Disebut-sebut sebagai film horor Taiwan yang paling menyeramkan, Incantation sudah tayang di platform Netflix sejak tanggal 8 Juli 2022.

Film yang disutradarai oleh Kevin Ko dan naskahnya ditulis Chang Che-wei ini berhasil mendapatkan keuntungan besar sehingga dinobatkan sebagai film horor Taiwan dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, lebih dari 5,7 juta dollar sampai saat ini.

Menurut laman Storm.mg, Kevin Ko, sang sutradara menyebutkan bahwa ia mendapat inspirasi film dari kisah nyata keluarga pemuja sekte sesat pada tahun 2005 silam.

Keluarga tersebut akhirnya saling melukai satu sama lain dan bertindak aneh. Hingga akhirnya mereka mati satu per satu.

Film ini menampilkan aktor dan aktris papan atas seperti Tsai Hsuan Ye, Huang Sin Ting, Kao Ying Suan, Sean Ling, dan RQ.

Sebenarnya bagaimana sih cerita film Incantation yang ramai dibahas di dunia maya ini? Film ini memiliki alur maju mundur dengan gaya Found Footage, yang membuat hasilnya terlihat menyerupai film dokumenter. Tokoh utamanya bernama Li Ruonan (Tsai Hsuan Ye) adalah seorang ibu dari bocah perempuan bernama Dodo.

Dulunya Li Ruonan pernah bertandang ke sekte sesat bernuansa Buddhis dan melanggar tabu dari sekte tersebut. Ia merekam ibadah yang dilakukan sekte pemuja “Bunda Buddha” tersebut untuk konten YouTube.

Nahas, Li Ruonan lalu dikutuk. Satu per satu orang terdekatnya mati sehingga ia terpaksa harus menitipkan anak terkasihnya, Dodo kepada orang lain.

Tak berhenti sampai di situ, Li Ruonan yang adalah pembuat konten video, terus mengabadikan kisah hidup kesehariannya. Berbagai keanehan yang dialaminya direkam, dan itulah yang kita tonton dalam film Incantation ini.

Enam tahun setelah berpisah dengan putrinya Dodo, Li Ruonan mendapatkan kabar Dodo bertingkah aneh, ia suka berbicara sendiri, dan melakukan hal aneh di sekolahnya. Sering juga ada aktivitas spiritual di sekitar Dodo seperti benda bergerak sendiri.

Ruonan sadar, yang terjadi pada Dodo saat ini adalah imbas kutukan dari Bunda Buddha yang ia terima di masa lalu.

Tak akan dibuat penasaran, dalam alur maju mundur yang tersaji kita juga disajikan dengan kisah masa lalu Ruonan. Saat ia bersama kekasih dan rekan sejurusannya berupaya mengungkap mitos sekte rahasia dengan mengikuti kegiatan sekte tersebut.

Mereka nekat mendokumentasikan ritual sekte tersebut yang hanya dilakukan setiap dua puluh tahun sekali.

Film berdurasi 110 menit ini menyajikan kisah yang cukup menegangkan, dan seolah-olah menggandeng penonton ikut ambil bagian dalam perjalanan seram Li Ruonan.

Penasaran dengan kisah Li Ruonan dalam menyelamatkan anaknya dari kutukan masa lalu? Saksikan selengkapnya film Incantation di Netflix.

Tapi kalau kamu penderita trypophobia, atau fobia terhadap pola lubang, sebaiknya tidak menonton film ini, atau waspada dan berpaling/tutup mata waktu melihat adegan seram yang menampilkan pola lubang atau gundukan yang tidak beraturan.

Selamat menonton!

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara