• Sunday, 19 May 2024
  • Surahman Ana
  • 0

Foto     : Surahman Ana

Mengisi malam terakhir bersama Bhikkhu Thudong, umat Buddha Temanggung menggelar Sangha Dana di Wisma Bhikkhu Jaya Wijaya Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, Sabtu (18/5/2024). Dalam suasana penuh kebahagiaan, umat Buddha dari berbagai vihara di Kecamatan Kaloran turut serta dalam acara yang berkesan ini.

Kesempatan istimewa untuk memberikan dana kepada 40 bhikkhu yang sedang menjalani perjalanan spiritual menuju Borobudur menjadi momen yang tak terlupakan bagi umat Buddha, terutama di Kaloran. Acara dimulai pukul 19.30 WIB dengan puja bakti dan Dhammadesana yang oleh Bhante Kamsai Sumano, Pembina Bhikkhu Thudong 2024.

Bhante Kamsai mengungkapkan kebahagiannya melihat antusiasme masyarakat yang menyambut para Bhikkhu Thudong sepanjang perjalanan dari Bukit Kasap Semarang hingga Temanggung. Beliau mengakui bahwa banyak warga, bahkan yang bukan umat Buddha, memberikan dana sepanjang perjalanan tersebut.

“Yang paling luar biasa, mulai dari perjalanan jalan kaki dari Bukit Kasap hingga ke Wisma Bhikkhu Jaya Wijaya ini, sepanjang jalan kita mendapat banyak dana dari masyarakat. Mulai dari air minum, buah-buahan seperti apel dan jeruk, hingga berbagai jenis bunga. Akhirnya jalan kaki dari sana ke sini sudah dapat satu mobil, bukan pindapatta, yang kasih para bhante itu tidak tahu siapa,” ujar Bhante.

Selain itu, Bhante juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan kecamatan atas sambutan yang hangat, serta kepada para anak sekolah yang turut menyambut kedatangan Bhikkhu Thudong.

“Dan semua tempat yang kita buat istirahat rata-rata semua Kantor Kecamatan. Pak Camat selalu ada, ada juga Walikota. Anak-anak sekolah menyambut sepanjang jalan, mereka happy banget, bilang semangat, semangat, semangat, kepada kita,” imbuh bhante.

Di akhir pesan Dhammanya, Bhante menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf kepada para umat Buddha dan warga Temanggung. “Bhante mengucapkan terima kasih kepada semua umat dan warga Temanggung atas sambutannya, dan kami, semua Bhikkhu Thudong, meminta maaf apabila ada kesalahan dalam perjalanan ini,” tambah Bhante.

Bhante Subhacaro, Kepala Wisma Bhikkhu Jaya Wijaya, juga mengucapkan terima kasih kepada para Bhikkhu Thudong yang telah singgah di Temanggung, serta kepada semua umat Buddha yang telah berpartisipasi dalam penyambutan mereka. Bhante menekankan bahwa semua dana dari umat akan diserahkan kepada para Bhikkhu Thudong, sambil menyampaikan pengumuman bagi umat yang ingin ikut serta dalam pelepasan para Bhikkhu Thudong untuk melanjutkan perjalanan ke Magelang pada pagi harinya.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara