• Friday, 10 May 2013
  • Sutar Soemitro
  • 0

Hari yang paling ditunggu umat Buddha di seluruh dunia akan segera datang. Ya, pada Sabtu, 25 Mei 2013, seluruh umat Buddha memperingati Hari Raya Waisak 2557 Buddhist Era (BE). Detik-detik Waisak kali ini akan jatuh pada pukul 11.24.39 WIB.

Hari Raya Waisak sering disebut juga sebagai Tri Suci Waisak karena memperingati tiga peristiwa yang kesemuanya terjadi tepat saat bulan purnama siddhi, yaitu kelahiran Pangeran Siddharta, Pertapa Siddharta mencapai pencerahan, dan Buddha wafat.

Nah, Anda mau merayakan Waisak di mana? Di vihara tempat Anda biasa kebaktian atau di tempat lain? Berikut BuddhaZine siapkan daftar tempat peringatan dan perayaan Waisak yang bisa Anda hadiri. Tidak lupa, kami ucapkan selamat menyambut Waisak!

 

WAISAK TZU CHI

Minggu, 12 Mei 2013. Pukul 17.00 – 19.00 WIB. Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Waisak adalah hari yang istimewa bagi Tzu Chi, selain karena merupakan hari raya umat Buddha, namun juga berdekatan dengan peringatan Hari Ibu Internasional dan Hari Tzu Chi Sedunia. Ketiganya diperingati secara bersama-sama oleh Tzu Chi di seluruh dunia. Tema yang diambil pun berkaitan dengan tiga hari istimewa tersebut, yaitu “Membalas Budi Luhur Buddha, Orangtua Kita, dan Semua Makhluk Hidup”.

Ini adalah tahun kedua Tzu Chi memperingati Hari Raya Waisak di Tzu Chi Center yang megah. Acara intinya adalah pemandian rupang bayi Buddha (Yu Fo). Namun berbeda dengan Yu Fo di tempat lain, pemandian yang dilakukan berupa simbolis menggunakan bunga teratai.

 

WAISAK BERSAMA SANGHA MAHAYANA INDONESIA (SMI)

Sabtu, 18 Mei 2013. Pukul 14.00 – 17.00 WIB. Mahaka Square (Britama Sportsmall), Kelapa Gading, Jakarta.

Selain memperingati Hari Raya Waisak tepat pada harinya, tradisi Mahayana juga memiliki tradisi melakukan peringatan Waisak sekitar seminggu sebelum Hari Raya Waisak, berupa pemandian rupang bayi Buddha (Yu Fo). Yu Fo kali ini jatuh pada hari Jumat, 17 Mei.

Waisak Bersama yang diadakan oleh Sangha Mahayana Indonesia (SMI) diadakan keesokan harinya pada Sabtu, 18 Mei. Peringatan Waisak yang akan dihadiri umat Buddha dari Jabodetabek dan Bandung ini terdiri dari upacara ritual dan Yu Fo, serta wejangan Dharma oleh Bhiksu Andhanavira yang membawakan tema “Berkah Waisak Membawa Kedamaian Bagi Bangsa dan Dharma”.

 

WAISAK DI MUARO JAMBI

Minggu, 19 Mei 2013. Pukul 06.00 – selesai. Candi Muaro Jambi, Jambi.

Sejak tahun 1992, Vihara Sakyakirti, Jambi menjadikan Candi Muaro Jambi sebagai tempat peringatan Hari Raya Waisak. Acara yang biasa diikuti oleh ribuan umat Buddha ini juga sebagai upaya ikut melestarikan peninggalan sejarah agama Buddha di Jambi melalui pelaksanaan ritual puja keagamaan berupa prosesi mengelilingi candi dan puja bhakti.

 

WAISAK NASIONAL WALUBI

Sabtu, 25 Mei 2013. Pukul 09.00 – selesai. Candi Mendut dan Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Tahun ini, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) mengadakan Waisak Nasional di Candi Mendut dan Candi Borobudur, Jawa Tengah. Upacara dimulai di Candi Mendut hingga detik-detik Waisak yang jatuh pada pukul 11.24.39 WIB.

Usai makan siang baru dilanjutkan dengan prosesi arak-arakan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Selain upacara ritual oleh masing-masing majelis, salah satu acara yang paling ditunggu adalah pelepasan lampion di atas langit Candi Borobudur pada malam harinya.

 

WAISAK DI CANDI SEWU

Sabtu, 25 Mei 2013. Pukul 08.00 – 11.30 WIB. Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah.

Pusat peringatan Hari Raya Waisak tidak hanya berlangsung di Candi Borobudur, namun juga di Candi Sewu yang terletak di komplek Candi Prambanan di perbatasan Klaten (Jawa Tengah) dan Sleman (Yogyakarta).

Peringatan Waisak ini dikoordinir oleh Sangha Agung Indonesia (Sagin) dan Majelis Buddhayana Indonesia (MBI). Biasanya sekitar 6 ribu umat Buddha dari Jawa Tengah dan Yogyakarta menghadiri upacara di candi ini.

 

WAISAK KELUARGA BUDDHIS ABDI NEGARA

Sabtu, 25 Mei 2013. Pukul 08.00 – 13.00 WIB. Vihara Arya Dwipa Arama, TMII, Jakarta.

Para pegawai negeri beragama Buddha yang tergabung dalam Keluarga Buddhis Abdi Negara Provinsi DKI Jakarta setiap tahun mengadakan peringatan Hari Raya Waisak di Vihara Arya Dwipa Arama, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

 

WAISAK DI CANDI JIWA DAN CANDI BLANDONGAN

Minggu, 2 Juni 2013. Pukul 13.30 – 16.30 WIB. Candi Jiwa dan Candi Blandongan, Karawang, Jawa Barat.

Makin banyak candi yang dijadikan tempat untuk melakukan puja bhakti Waisak, salah satunya tidak jauh dari Jakarta, yaitu di Candi Jiwa dan Candi Blandongan, Karawang, Jawa Barat.

Umat Buddha dari Karawang dan sekitarnya biasanya menyemut menghadiri upacara suci ini. Untuk tahun ini, Dhammadesana akan dibawakan oleh Bhikkhu Dhammasubho dengan tema “Keteladanan Dasar Kemuliaan”

 

WAISAK NASIONAL KASI

Minggu, 16 Juni 2013. Pukul 17.00 – 21.00 WIB. Ballroom Pullman Hotel (Central Park), Podomoro City, Jakarta.

Waisak Nasional Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) kali ini mengambil tema “Kejujuran Pembangkit Kesejahteraan Bangsa”. Tema itu diterjemahkan dalam bentuk operet tentang Pangeran Sutasoma, salah satu kelahiran lampau Buddha yang sangat memegang teguh janji dan jujur.

Perayaan Waisak Nasional KASI kali ini akan dihadiri oleh para pejabat tinggi negara dan Presiden World Buddhist Sangha Council (WBSC) Ven. Liao Chung. Sedangkan Dhammadesana akan disampaikan oleh Bhikkhu Sri Pannyavaro.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara