• Wednesday, 15 March 2023
  • Surahman
  • 0

Sebagai bentuk penghormatan serta mengingat ajaran welas asih Dewi Kwan Im, Yayasan Buddhagaya Watu Gong, Semarang menyelenggarakan upacara peringatan kelahiran Kwan She Im Po Sat (Avalokitesvara Bodhisattva), Kamis (9/3). Upacara dihelat di Dhammasala Pagoda Avalokitesvara yang terletak bersebelahan dengan Vihara Buddhagaya Watu Gong. Sebanyak kurang lebih 300 umat menghadiri acara ini.

Go Lie Sien, ketua pelaksana, menyampaikan bahwa acara ini sudah menjadi agenda tahunan bagi umat Buddha Watu Gong.

“Sejak dulu ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya. Tetapi dua tahun kemarin sempat tidak dilaksanakan karena terhalang pandemi,” jelasnya.

Upacara dilakukan dengan puja bakti peringatan kelahiran. Selanjutnya umat dipersilahkan melakukan doa pribadi di dalam pagoda. Dalam upacara ini juga diberikan kesempatan  bagi umat untuk meminjam kue kura dan wajik, dimana keduanya merupakan dua hal yang wajib ada dalam setiap upacara ini.

Kue kura melambangkan kesehatan dan panjang umur, sementara wajik melambangkan kelancaran usaha. Peminjaman kue kura dan wajik ini hanya dilakukan setahun sekali yaitu pada moment upacara peringatan kelahiran Dewi Kwan Im, dan bagi peminjam bisa membayar pinjaman pada tahun berikutnya. Upacara ditutup dengan ramah tamah dan hiburan organ tunggal. Hal menarik bagi umat yang datang adalah selain untuk mengikuti upacara keagamaan juga bisa sambil menikmati keindahan bangunan pagoda.

Sekilas tentang Pagoda Avalokitesvara Watu Gong Semarang

Pagoda Avalokitesvara merupakan bangunan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda yang terletak di komplek Vihara Buddhagaya Watu Gong ini mulai dibangun pada November 2004 dan diresmikan 14 Juli 2005. Tinggi pagoda mencapai 45 meter dan memiliki 7 tingkatan ruang.

Pada tahun 2006 pagoda ini telah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebagai pagoda tertinggi dan teranggun. Ornamen dan hiasan unik khas negeri Tirai Bambu menyelimuti seluruh bangunan pagoda. Dan lebih uniknya lagi, seluruh material bangunan diimpor langsung dari Cina.

Di dalam pagoda diletakkan rupang Dewi Kwan Im setinggi 5 meter. Tepat di depan bangunan pagoda terdapat pohon Bodhi besar yang ditanam sejak tahun 1955. Pohon Bodhi tersebut merupakan cangkokan pohon dari Anuradha Vihara dari Sri Lanka.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara