• Thursday, 8 December 2022
  • Sunyaloka
  • 0

Menyambut Hari Besar Buddha Amitabha yang tahun ini jatuh pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2022, ada bagian dari buku “Menemukan Rumah Kita yang Sebenarnya – Hidup di Tanah Suci Di Sini dan Sekarang” karya Zen Master Thich Nhat Hanh yang menarik untuk disimak. Petikan itu adalah sebagai berikut:

Seorang meditator memandang Tanah Suci dengan cara ini selagi di sini dan sekarang. Kita tidak harus menjadi meditator dari aliran khusus, tetapi cukup menjadi meditator menurut praktik dari masa Buddha dan Sangha-Nya.

Ini merupakan meditasi yang diajarkan dalam Sutra Satipatthana (Sutra tentang Empat Landasan Sadar-Penuh) dan SutraAnapanasati(Sutra tentang Kesadaran Penuh akan Pernapasan). Dalam bahasa Sanskerta, kita sebut meditasi ini “drishta dharma sukha viharin” berarti “tinggal dengan bahagia di saat sekarang”.

Drishta dharma” berarti apa yang sedang terjadi di sini dan sekarang. “Sukha” berarti kebahagiaan dan “viharin” berarti tinggal atau hidup. Ini merupakan ajaran yang Buddha sering tunjukkan. Mengapa kita harus menunggu masa depan untuk mendapatkan kedamaian dan kegembiraan? Kita bisa mendapatkan kebahagiaan dengan segera hari ini.

Ajaran Buddha

Indah dan menakjubkan, karena dapat menghasilkan kebahagiaan tepat di saat permulaan latihan. Ketika kita mulai berlatih bernapas masuk untuk menenangkan diri dan bernapas keluar dengan senyuman, ketika kita melangkah dengan cara yang menyenangkan dan santai, kita sudah mendapatkan kebahagiaan.

Tidak ada alasan mengapa kita harus menunggu bertahun-tahun untuk menjadi bahagia. Apabila kita berlatih seperti itu pasti dalam beberapa tahun kita akan bahagia, tetapi kita juga bahagia di saat ini.

Itulah sebabnya kuncup teratai dari Tanah Suci Buddha Amitabha dapat muncul dan terbuka setiap saat dalam bentuk sebuah senyuman, dalam sebuah napas, atau dalam sebuah langkah. Kita bisa membantu sang kuncup untuk tumbuh dan terbuka.

Kita tidak harus menunggu masa depan. Kita dapat menambahkan ajaran ini pada Sutra Amitabha, dan apabila kita ingin, kita menyusun buku yang berjudul Sutra Amitabha dalam Cahaya Aliran Meditasi.

Aliran Meditasi

Tidak perlu berupa aliran koan atau aliran sinar yang hening. Meditasi di sini merupakan meditasi yang diajarkan secara orisinil oleh Buddha 2.600 tahun yang silam.

Dalam Sutra Satipatthana, Sutra Anapanasati, Sutra tentang Penangkapan Ular, dan Sutra tentang Mengetahui Cara yang Lebih Baik untuk Hidup Sendiri, Buddha mengajarkan bahwasanya kebahagiaan itu bisa ada sekarang, dan Tanah Suci bisa ada sekarang, tepat di sini di dalam dunia ini. Aliran Meditasi dan Aliran Tanah Suci dapat diajukan bersama.

Saya sudah mendengar banyak orang mengatakan sulit untuk mempraktikkan Meditasi akan tetapi latihan Tanah Suci itu mudah.Latihan Tanah Suci semacam praktik Meditasi.

Apabila latihan Tanah Suci tidak termasuk praktik Meditasi, maka itu hanyalah sebuah investasi di masa depan. Apabila latihan Tanah Suci termasuk praktik Meditasi, maka Tanah Suci tersedia sekarang juga dan ajaran Agama Buddha Tanah Suci sangat dekat dengan semangat ajaran asli dari Buddha.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara