Sekelompok orang berdiri di depan sekelompok orang.
  • Sunday, 20 August 2023
  • Ngasiran
  • 0

Oleh: Ngasiran

Foto: Dok. Panitia

Universitas Fo Guang, Taiwan, serius dalam upayanya untuk menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini terlihat dari tingkat komitmen mereka dalam melakukan kunjungan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang berlangsung mulai tanggal 12 hingga 15 Agustus 2023.

Dalam hasil kunjungan tersebut, berhasil tercapai kesepakatan kerjasama yang signifikan. Misalnya, Universitas Buddhi Dharma dan STAB Negeri Sriwijaya di Tangerang sepakat untuk menjalin kerjasama dalam bentuk studi banding antara mahasiswa, dosen, dan karyawan kedua kampus tersebut.

Menurut Chenyany Sutanto, duta dari Universitas Fo Guang, “Selain itu, juga telah direncanakan program-program online untuk pelatihan, seminar online, serta sosialisasi di antara kedua belah pihak mengenai pengembangan perangkat pendidikan.”

Pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA – SMK), kegiatan sosialisasi diadakan di Sekolah Ananda di Bekasi dan Mahabodhi Vidya School di Tangerang. Dalam kunjungan ini, para siswa dari kelas 10 hingga 12 turut serta dalam sosialisasi ini, didorong oleh keinginan untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas dalam menentukan pilihan pendidikan tinggi yang akan mereka tempuh di masa depan.

Saat sesi diskusi, siswa-siswi ini mengajukan banyak pertanyaan. Mereka mengekspresikan kekhawatiran mengenai fasilitas asrama, lingkungan kampus, dan meminta penjelasan lebih rinci mengenai fakultas yang mereka minati, serta peluang magang dan kesempatan kerja setelah lulus.

Sekelompok orang berpose untuk foto di sebuah ruangan besar.
Sekelompok pelajar SMA Sekolah Ananda di Bekasi berpose di sebuah ruangan besar. Sumber Foto: Dok Panitia.

Beberapa siswa juga mengutarakan kesulitan mereka dalam berbahasa, seperti yang diungkapkan oleh Prof. Chen Shang Mao, Dekan Internasional Universitas Fo Guang. Prof. Chen menjelaskan bahwa kesulitan berbahasa sering dialami oleh siswa internasional, tetapi dapat diatasi dengan mudah setelah mengikuti program bahasa dan penyesuaian diri.

Banyak pendidik dan pengurus yayasan juga menyampaikan bahwa biaya pendidikan di Universitas Fo Guang tergolong sangat terjangkau, bahkan lebih menarik dibandingkan dengan universitas lokal.

Sekelompok orang duduk di lantai.
Sekelompok pelajar duduk di lantai untuk mendengarkan penjelasan. Sumber: Dok. Panitia

Universitas Fo Guang juga menerima sambutan hangat dari perkumpulan Fo Guang Ren yang berbasis di Jakarta. Dalam jamuan makan malam, banyak pertanyaan dan ide mengenai program-program lanjutan dibahas dan didiskusikan. Pihak Universitas Fo Guang pun mengungkapkan komitmen mereka untuk melanjutkan program-program ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Universitas Fo Guang, dapat dihubungi melalui email [email protected] [MM]

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara