• Saturday, 27 February 2021
  • Ngasiran
  • 0

Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya menjadikan Candi Borobudur sebagai pusat ibadah umat Buddha dunia, elemen umat Buddha yang diinisiasi oleh Perguruan Tinggi Agama Buddha (PTAB), menggelar upacara Mandala Puja Borobudur. Upacara yang berlangsung di area utama Candi Borobudur itu dilakukan secara khidmat pada Jumat (26/2), dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pujabhakti bersama dimulai dengan membacakan paritta-paritta suci dari dua tradisi. Theravadha dan Mahayana. Selesai melantunkan paritta-paritta suci, umat yang dipimpin oleh para bhikkhu melakukan pradaksina mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali putaran.

Bhante Ditthisampanno, salah satu inisiator acara ini, upacara Mandala Puja rencana akan dilaksanakan setiap hari uposatta (bulan gelap dan bulan terang). “Sebagai awalan, kami baru menggerakkan PTAB di Jawa Tengah untuk mengikuti upacara ini,” papar Bhante melalui sambungan telepon kepada BuddhaZine.

Mengembalikan kesakralan

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Buddha Indonesia (ABTABI) ini menerangkan bahwa upacara Mandala Puja dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembalikan kesakralan Candi Borobudur.

“Candi, semakin banyak disembayangi akan menjadi sakral. Jadi tujuan dari upacara ini adalah membiasakan dan mentradisikan umat Buddha melaksanakan Mandala Puja atau ritual dharmayatra di Candi Borobudur, sehingga akan terwujud Candi Borobudur sebagai tempat peribadatan umat Buddha Dunia,” kata Bhante.

Untuk itu, bhante meminta kepada PT. Taman Wisata Candi Borobudur untuk memberikan fasilitas khusus kepada umat Buddha untuk melaksanakan pujabhakti. “Misalnya kita dikasih area khusus untuk bisa dibuatkan altar. Mungkin berupa pendopo yang bisa kita gunakan sebagai tempat puja sewaktu-waktu,” ujar Bhante penuh harap.

Acara ini mendapat tanggapan positif dari PT. Taman Wisata Candi Borobudur selaku pengelola zona II kawasan Candi Borobudur.

“Kami sangat mendukung sekali. Kami berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan,” ucap General Manager PT TWC Unit Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana, seperti dikutip dari laman Facebook TWC Media.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara