• Thursday, 23 May 2024
  • Surahman Ana
  • 0

Foto     : Surahman Ana

Ratusan umat Buddha memadati ruang Dhammasala Pondok Meditasi Bhante Win di Magelang pada Kamis (23/5/2024) pagi pukul 09.00 WIB, untuk mengikuti Maha Sangha Dana. Acara ini dihadiri oleh 120 Bhikkhu Sangha Theravada dari Indonesia dan Thailand.

Bhikkhu Kamsai Sumano, dalam pesannya, menyampaikan bahwa mayoritas bhikkhu yang hadir adalah kepala vihara dari beberapa daerah di Thailand dan Indonesia. “Ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi umat untuk memberikan dana kepada banyak vihara tanpa harus bepergian jauh ke Thailand. Mereka telah datang ke sini,” katanya.

Kegiatan ini menjadi awal dari peringatan Waisak di Candi Borobudur, di mana para bhikkhu memberikan kesempatan bagi umat untuk memberikan dana. Dari ratusan bhikkhu yang hadir, 43 di antaranya adalah Bhikkhu Thudong yang berjalan kaki dari Semarang menuju Borobudur untuk mengikuti perayaan Waisak.

Bhante Kamsai juga menekankan bahwa perjalanan para bhikkhu merupakan upaya untuk membersihkan diri dari kekotoran batin sebelum mengikuti perayaan Waisak.

“Candi Borobudur adalah tempat yang suci, oleh karena itu, kala mau mengikuti Waisak batin harus bersih. Para Bhikkhu Thudong membersihkan batin mereka selama perjalanan. Mereka menjauhkan diri dari kemarahan, keserakahan, iri, dan dengki selama di perjalanan,” tambahnya.

Demikian juga bagi para umat, bhante memberikan pesan untuk membersihkan batin mereka dari lobha, dosa, dan moha sebelum memasuki Candi Borobudur. Hal ini dianggap akan menambah nilai kesucian dan kesakralan tempat tersebut.

“Umat Buddha Indonesia harus merasa bangga memiliki Borobudur. Di Thailand, mereka tidak memiliki situs seperti ini, oleh karena itu, mereka datang ke sini. Bagi kami, Borobudur adalah bagaikan berlian yang murni dan suci,” pungkas bhante.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara