• Monday, 3 June 2024
  • Surahman Ana
  • 0

Foto     : Surahman Ana

Tingkah lucu dan menggemaskan anak-anak Sekolah Minggu Buddha (SMB) dalam pertunjukan Drama Jaya Manggala semakin memeriahkan Dharmasanti Waisak di lantai lima Vihara Mahabodhi Seroja, Semarang pada Minggu (2/6/2024).

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Waisak di vihara tersebut yang dimulai dengan pindapata pada pagi harinya dari Kelenteng Tay Kak Sie. “Pindapata dari kelenteng ini sudah rutin yang diadakan oleh umat Vihara Mahabodhi dalam setiap perayaan hari besar Agama Buddha,” terang Bhante Nyana Suryanadi, Mahanayaka Sangha Agung Indonesia (SAGIN).

Perayaan dihadiri oleh sekitar 25 anggota SAGIN termasuk bhikkhu, samanera, dan samaneri. Acara juga diikuti oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Wulan Bahagia, serta umat dari beberapa daerah di wilayah Kota Semarang. Bhante Nyana Suryanadi menambahkan bahwa poin penting dalam tema besar Waisak tahun ini adalah untuk meningkatkan nilai-nilai harmoni dalam kehidupan bermasyarakat.

“Karena bagaimanapun kita hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini membutuhkan untuk saling berbagi, dan kehidupan moderasi itu harus dijaga dengan baik sekali,” imbuh bhante.

Selain penampilan anak-anak, berbagai pertunjukan seni seperti paduan suara dari kelompok remaja Youth of Mahabodhi, dan seni tari oleh Wulan Bahagia juga turut memeriahkan acara. Ketua Vihara, Andi Febrianto, menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan perayaan tersebut.

“Kami dari pengurus vihara mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur, dan semua pihak yang telah menyelenggarakan Dharmasanti Waisak di Vihara Mahabodhi ini,” ucapnya.

Lancarnya acara juga mendapatkan apresiasi dari Bhante Nyanasuryanadi. “Yang namanya perayaan ya tidak usah terlalu serius, dibikin senang-senang saja. Pada intinya belajar Agama Buddha tidak harus seperti di sekolahan formal, yang bisa seni budaya ya belajar Dhamma melalui seni budaya, yang bisa bernyanyi ya belajar Dhamma melalui nyanyian,” tutup bhante.

Di sela-sela acara juga dilaksanakan pembagian hadiah berbagai perlombaan dan doorprize. Acara ditutup dengan pembagian bingkisan kepada anak-anak SMB dan nyanyian “Selamat Hari Waisak”.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara