• Thursday, 4 May 2023
  • Deny Hermawan
  • 0

Sebuah arca Buddha berwarna putih berbahan marmer baru saja ditemukan di sebuah kuil di Berenike di kawasan Laut Merah Mesir. Ini menunjukkan adanya relasi dagang antara Mesir dan India di zaman Kekaisaran Romawi.

Misi arkeologi Amerika-Polandia yang menggali kuil dari periode awal Romawi yang didedikasikan untuk Dewi Isis di Berenike, menemukan arca itu di halaman depan kuil. 

Mariusz Gwiazda, direktur misi pihak Polandia, menjelaskan bahwa patung setinggi 71 sentimeter itu menggambarkan Buddha berdiri dan memegang sebagian jubahnya di tangan kirinya.

Dia menambahkan bahwa halo /lingkaran cahaya sinar matahari mengelilingi kepala Buddha, menunjukkan batinnya yang bercahaya. Selain itu juga ada bunga teratai yang berdiri di sampingnya.

Gwiazda juga menggambarkan pengerjaan patung itu sangat indah, menambahkan bahwa itu dianggap sebagai bukti terbaik eksistensi peninggalan agama Buddha yang sejauh ini ditemukan di Mesir.

“Patung Buddha itu terbuat dari batu yang mungkin digali dari wilayah selatan Istanbul modern (Turki) dan itu pasti dipahat secara lokal di Berenike dan didedikasikan untuk kuil itu oleh satu atau lebih pedagang kaya dari India,” katanya seperti diberitakan ahram.org.eg, Rabu 26 April 2023.

Steven Sidebotham, direktur misi pihak Amerika menambahkan, bahwa selain patung ini, para arkeolog juga menemukan prasasti dalam bahasa Sansekerta yang berasal dari kaisar Romawi Filipus si Arab (244 – 249 M).

Dia menambahkan bahwa prasasti ini tampaknya berasal dari era yang berbeda dari patung Buddha (yang berasal dari era yang jauh lebih awal).

Menurut Sidebotham, para arkeolog juga menemukan prasasti lain di kuil yang sama. Prasasti ini, yang dalam bahasa Yunani, berasal dari awal abad pertama Masehi hingga 305 Masehi. Mereka juga menemukan dua koin abad kedua Masehi dari Kerajaan Satavahana di India tengah di dalam kuil, imbuh Sidebotham.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara