• Monday, 5 June 2023
  • Surahman Ana
  • 0

Puluhan ribu umat Buddha mengikuti Perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), Minggu (4/6). 

Perayaan Waisak tahun ini mengusung tema “Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari” dengan sub tema; “Momentum Waisak Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perdamaian Dunia”. 

Berbeda dengan Perayaan Waisak di tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini untuk pertama kalinya Waisak dihadiri oleh 33 Bhikkhu Thudong yang baru saja menyelesaikan perjalanan selama 70 hari dari Thailand menuju Borobudur. 

Waisak diawali dengan prosesi dari Candi Mendut – Candi Borobudur pada pukul 07.00 WIB. Detik-detik Waisak dilaksanakan pukul 10.41.19 WIB. Turut hadir dalam acara Wakil Menteri Agama RI, H. Zainut Tauhid Sa’adi memberikan apresiasi dan  menyatakan bahwa perayaan Waisak adalah wujud kebersamaan umat Buddha .

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia atas terselenggaranya Perayaan Tri Suci Waisak ini. Perayaan Waisak juga menjadi wujud kebersamaan umat Buddha yang memiliki makna luas dan mendalam, yaitu salah satu implementasi ajaran Buddha untuk mewujudkan kesejukan rasa, toleransi, pengertian, dan penerimaan dengan mengutamakan nilai-nilai cinta kasih, kemajemukan, persaudaraan, dan keluhuran martabat kemanusiaan,” kata Zainut. 

Zainut Tauhid juga menambahkan bahwa Waisak merupakan momentum bagi umat Buddha untuk memperkuat keyakinan kepada Tri Ratna.

“Waisak menjadi momentum umat Buddha di seluruh Tanah Air untuk memperkuat keyakinan kepada Buddha, Dhamma, dan Sagha agar tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham keagamaan yang mengancam kehidupan keagamaan di Indonesia,” tutur Zainut Tauhid.

Acara dilanjutkan dengan pradaksina mengelilingi Candi Agung Borobudur. Malam harinya, sebagai penutup seluruh rangkaian perayaan Waisak diadakan festival lampion dan Dharmasanti Waisak.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara