• Saturday, 13 January 2024
  • Surahman Ana
  • 0

Foto     : Dok. Panitia

 

Vihara Vajra Bumi Giri Putra Cipari, Cilacap kembali menyelenggarakan “Gema Mantra Sataksara,” sebuah ritual sakral yang menawarkan pengalaman spiritual melalui rapalan Mantra Sataksara selama 3 hari 3 malam nonstop, Kamis-Sabtu (28-30/12/2023).

 

Perapalan Mantra diawali dengan Sadhana Vajrasatva tahap awal. Memasuki tahap inti, yaitu perapalan Mantra Sataksara, dilakukan secara bergantian oleh delapan grup umat Buddha Vihara Vajra Bumi Giri Putra, masing-masing merapal selama satu jam. Acara penuh berkah ini ditutup pada tanggal 31 Desember 2023 pukul 12.00 WIB, diikuti oleh seluruh grup.

 

Selama perapalan mantra, segenap umat juga turut menyalakan pelita sebagai persembahan kepada Bodhisattva Vajrasatva, dengan keyakinan bahwa persembahan pelita akan membawa penerangan bagi batin dan menumbuhkan kebijaksanaan. Tokoh Zhenfozong Cipari, Romo Tasimun menjelaskan bahwa perapalan mantra ini akan menimbulkan berkah kebajikan.

 

Mantra Sataksara, berasal dari Vajrasatva, seorang Bodhisattva agung yang dipuja dalam tradisi Tantrayana dan merupakan emanasi dari Panca Tathagata. Merapal Mantra Sataksara bukan hanya sebagai amalan, tetapi juga upaya pertobatan bagi umat. Selama 3 hari 3 malam, umat berusaha mengkikis karma buruk, memurnikan diri, dan mendapatkan adistana dari Panca Tathagata,” papar Romo Tasimun.

 

Romo Tasimun menambahkan bahwa kesucian rapalan mantra diyakini membawa pahala kebajikan yang segera terkondisikan untuk berbuah. Melalui kegiatan ini, umat juga berdoa untuk kelancaran pemilu damai tahun 2024.

Setelah penutupan rapalan Mantra Sataksara, umat berpartisipasi dalam kegiatan doa Zhenfozong bagi dunia, diselenggarakan oleh Tre Buddha Foundation melalui koneksi zoom yang menghubungkan vihara Zhenfozong seluruh dunia. Doa ini bertujuan meredakan bencana di seluruh dunia agar dunia menjadi damai sejahtera. Menjelang pergantian tahun 2023-2024, umat bersuka cita dengan kegiatan pentas seni dan undian doorprize, hadiahnya berupa alat pertanian dan peralatan dapur.  

Melanjutkan kegiatan, umat mengawali tahun baru 2024 dengan berbagi kasih melalui bakti sosial. Lotus Light Charity Society (LLCS) Vihara Vajra Bumi Giri Putra membagikan paket sembako berisi beras, mi instan, minyak, gula, tepung terigu, dan teh kepada 120 warga prasejahtera di sekitar vihara. Bakti sosial ini merupakan bentuk nyata komitmen umat dalam menyebarkan kebaikan dan kasih sayang kepada sesama.

 

Gema Mantra Sataksara bukan hanya acara keagamaan, melainkan juga perjalanan spiritual mendalam bagi umat. Semoga jasa pahala dari kebajikan ini mengondisikan kita semua di tahun 2024 agar dipenuhi dengan cahaya kebijaksanaan dan keberkahan,” pungkas Romo Tasimun.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara