• Monday, 8 August 2016
  • Ngasiran
  • 0

Vihara Buddhayana Dharmawira Centre (BDC), Surabaya menggelar Dhamma talk selama delapan hari berturut-turut. Dhamma talk yang digelar di aula Vihara BDC dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan atas 32 tahun masa pengabdian Dharma dan ulang tahun ke-68 Bhikkhu Viryanadi.

Hudy, salah satu panitia penyelenggara menyampaikan, kegiatan Dhamma talk ini merupakan kesempatan besar bagi umat Buddha di Surabaya dan sekitarnya untuk memahami lebih dalam ajaran Buddha.

“Kegiatan ini kami dedikasikan untuk guru kami, Y.M. Bhikkhu Viryanadi Mahathera, dalam menyambut ulang tahun dan 32 tahun massa vassa beliau,” jelas Hudy.

“Sebenarnya Bhante Viryanadi sendiri tidak mau ulang tahunnya dirayakan. Oleh karena itu, perayaan kami buat berbeda bukan bentuk perayaan seremonial, tetapi kegiatan yang dapat membantu beliau untuk memberi pemahaman Dhamma kepada umat Buddha Surabaya khususnya dan Indonesia pada umumnya melalui seminar delapan hari penuh ini,” lanjut Hudy.

Seminar yang dilaksanakan selama delapan hari penuh ini mengambil pokok bahasan “Delapan Jalan Utama” yang merupakan ajaran pokok ajaran Buddha menuju pembebasan dari samsara.

Masing-masing pokok bahasan dalam delapan jalan utama menghadirkan pembicara-pembicara nasional, yaitu: (1) Pandangan Benar oleh Bhikkhu Dharmavimala, (2) Perbuatan Benar oleh Andrie Wongso, (3) Perhatian Benar oleh Bhikkhu Nyanabandhu Shakya, (4) Ucapan Benar oleh Ponijan Liaw, (5) Konsentrasi Benar oleh Selamat Rodjali, (6) Daya Upaya Benar oleh Sudhamek AWS, (7) Matapencaharian Benar oleh Wenny Lo, dan (8) Pikiran Benar oleh Adi W. Gunawan.

Dhamma talk ini di laksanakan setiap malam dan dimulai sejak hari Jumat, 5 Agustus dan akan berakhir pada tanggal 12 Agustus 2016.

Bhikkhu Dharmavimala, sebagai pembicara pertama yang membahas tentang Pandangan Benar/Pengertian Benar mengatakan bahwa untuk menumbuhkan pandangan benar, harus melalui praktik tujuh jalan lainnya, “Pengertian sebenarnya bisa dikatakan sebagai akhir dari praktik dari ke tujuh jalan lainnya. Karena pengertian benar bertumbuh melalui praktik Jalan Mulia Berunsur Delapan.”

Karenanya, Bhante Dharmavimala berharap umat Buddha dapat mengikuti secara penuh Dhamma talk ini, “Mau tidak mau, untuk memahami pengertian benar, Anda harus mengikuti bahasan ketujuh unsur jalan lainnya.”

“Tujuh unsur jalan mulia dijalankan dengan ketekunan, maka pengertian benar akan meningkat dan akan sempurna,” tandas Bhante.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara