• Wednesday, 29 November 2023
  • Surahman Ana
  • 0

Oleh    : Ravinda

Foto     : Ravinda

Senin, 27 November 2023, Komunitas Buddhis Tamil Indonesia menyambut kehadiran Mr Gautama Prabhu yang merupakan Chairman Of The Tamil Buddhis Council, President Of the Tamil Nadu State (All India Lay Buddhist Organisation), Executive Board Member Of The International Network Of Engaged Buddhis(INEB) dan Dharmmamitra Of The Triratna Boudha Mahasangha Sahayaka Gana.

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Vihara Ekayana Arama yang dihadiri langsung dan di support oleh Bhante Aryamaitri Mahasthavira dan Bhante Dharmavimala Mahatera serta Pengurus Vihara Ekayana, Kebon Jeruk, Jakarta di sela-sela kebaktian Cap Go yang Bertepatan juga dengan hari Karthigai Deepam bagi masyarakat Tamil, yang dirayakan pada bulan purnama di bulan Karthigai.

Mr Gautama Prabhu berkunjung ke indonesia dalam kegiatan International Network Of Enggaged Buddhis (INEB) yang diselenggarakan di Magelang dan Yogyakarta. INEB sendiri adalah organisasi yang berdiri pada tahun 1989 dan bertujuan untuk menghubungkan umat Buddha dari seluruh dunia dengan tujuan mengatasi masalah lingkungan, hak asasi manusia dan resolusi konflik. Adapun di indonesia, organisasi yang aktif terlibat dalam INEB adalah Hikmahbudhi.

Disela-sela kunjungannya ke indonesia inilah, Mr Gautama Prabhu menyempatkan diri untuk ramah-tamah dan berkumpul dengan Masyarakat Buddhis Tamil Indonesia di Jakarta di dampingi oleh salah satu tokoh di INEB yaitu Rozana Marthalia Daecyanti, adapun tokoh-tokoh yang hadir adalah Bpk Tinageren, Bpk Jayaphal, Bpk Sarkunadas, Bpk Mahindren, ibu Sumitra Dewi, Bpk Dinakaran, Bpk Sumendiraj Yesuaraj dan Ravindra (Sekjen PP Hikmahbudhi).

Dalam pertemuan tersebut, Mr Gautama Prabhu menyampaikan apresiasi atas keharmonisan hubungan antara masyarakat tamil dengan umat dari suku lainnya, diapun mengingatkan bahwa hubungan india dan indonesia telah terjalin ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu, akulturasi budaya dan percampuran darah antara masyarakat indonesia dengan india adalah sebuah perjalanan sejarah yang harus dimaknai sebagai upaya membangun masyakarat dunia yang damai dan sejahtera.

Selain itu, Mr Gautama Prabhu menekankan betapa pentingnya memahami sejarah buddhis secara keseluruhan tanpa menghilangkan peran masyakarat tamil dalam membangun kebesaran agama buddha di dunia, beliau pun menyampaikan bahwa tantangan masyarakat buddha belakangan ini cukup berat, seperti populasi yang terus menurun, tingkat literasi umat dan peran pemuda buddhis dalam pembangunan dunia.

Disisi lain, tokoh masyarakat buddhis tamil indonesia menyampaikan apresiasi yang mendalam atas berkenannya Mr Gautama Prabhu untuk bertemu dan ramah-tamah dengan umat buddhis tamil di jakarta. Pertemuan ini tentu dimaknai sebagai upaya memperkuat persatuan dan hubungan emosional antara sesama murid Buddha, kedepan kita harus lebih fokus dalam menjalankan Dharma dan berkontribusiu bagi sesama umat Buddha dan Masyarakat Indonesia khususnya.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara