• Monday, 27 November 2023
  • Surahman Ana
  • 0

Foto     : Citro Sukhadharma

Hujan lebat yang melanda daerah lereng Gunung Merbabu sebelah utara pada Jumat (24/11/2023) pukul 15.00 WIB mengakibatkan terjadinya longsor pada talut bangunan Pendopo Vihara Buddha Bhumika di Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Semarang. Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan Ketua Vihara Buddha Bhumika, Citro Sukhadharma, penyebab terjadinya longsor adalah penggunaan tanah urug pada talut bangunan yang baru dibangun dua tahun lalu. “Meskipun talut sudah dipasang paving, namun karena menggunakan tanah urug, longsor tetap dapat terjadi ketika hujan lebat,” ujarnya.

Sebelum terjadinya longsor, hujan sudah turun dalam ukuran sedang. Pukul 14.00 WIB, hujan mendadak bertambah lebat dan bertahan lebih dari satu jam. Talut berketinggian 5 meter ini tidak mampu menahan air yang terus bertambah, akhirnya jebol sepanjang 21 meter di sebelah barat pendopo.

Dusun Thekelan dikenal sebagai sebuah dusun yang sangat beragam dalam hal agama, dan masyarakatnya terkenal akan nilai-nilai toleransi yang kuat. Saat terjadi bencana di salah satu rumah ibadah, seluruh warga turut serta membantu mengatasinya. “Umat dibantu segenap warga Dusun Thekelan langsung bekerja bakti membersihkan tanah dan menyingkirkan bebatuan,” tambah Citro.

Dalam upaya memperbaiki bangunan yang rusak akibat longsor, umat Buddha Dusun Thekelan telah melakukan penggalangan dana sehari setelah kejadian. Mereka berharap mendapatkan bantuan dana dari para donatur agar talut dapat segera diperbaiki.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara