• Wednesday, 6 November 2019
  • Budi H
  • 0

Sekitar seribu delapan ratus umat Buddha merayaan Kathina di Wihara Ekayana Serpong yang berlangsung hari Minggu pagi tanggal 3 November 2019. Umat sangat antusias merayakan hari Kathina bersama seluruh anggota keluarganya.

Perayaan Kathina diadakan setelah berakhirnya masa vassa, yaitu masa para biksu dan biksuni berdiam di satu tempat selama tiga bulan. Selama masa tersebut mereka meningkatkan latihan meditasinya, sehingga mengalami banyak kemajuan batin. Oleh karena itu, umat perumahtangga sangat bahagia jika pada saat perayaan hari Kathina dapat memberi persembahan kepada Sangha (komunitas para biksu dan biksuni).

Pada perayaan Kathina ini, umat Buddha secara khusus berdoa untuk keselamatan dan kejayaan negara dan bangsa Indonesia. Steven Surya sebagai Ketua Panitia Perayaan Kathina mengatakan bahwa momen Kathina ini merupakan suatu berkah bagi umat Buddha untuk berdana kepada Sangha. Perayaan ini dihadiri oleh Pimpinan Wihara Ekayana Bhante Aryamaitri Mahasthawira serta anggota Sangha lainnya.

Perayaan Kathina diawali dengan pindapata yang merupakan kesempatan bagi umat perumahtangga mempersembahkan dana bagi pengadaan salah satu kebutuhan pokok para biksu/biksuni, yaitu makanan. Para biksu-biksuni dengan membawa mangkuk terlihat berjalan hening, eling, dan waspada di halaman Wihara Ekayana Serpong untuk menerima persembahan dari umat perumahtangga.

Setelah pujabhakti, sekitar seratus umat mengikuti Upacara Wisudhi Trisarana dan Upasaka/Upasika. Tujuan wisudhi adalah memperteguh keyakinan kepada Buddha, Dharma, dan Sangha, serta berlatih sebagai umat awam melaksanakan Pancasila Buddhis.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara