• Thursday, 8 February 2024
  • Ngasiran
  • 0

Foto: Ngasiran

Luangpor Sangob, mudir Luangtha Mahaboowa Nanasampanno melakukan pindapatta di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu 7 Februari 2024. Pindapatta yang diorganisir oleh Buddhist Fellowship Indonesia (BFI) ini disambut antusias oleh umat Buddha Jakarta dan sekitar.

Sejak pukul 7 pagi, umat mulai menyemut di sekitar kantor BFI. Mulai dari anak-anak dan orang dewasa, laki-laki dan perempuan, pemuda dan orang tua hadir membawa aneka makanan dan kebutuhan pokok seorang samana.

Pindapatta merupakan tradisi mengumpulkan dana makanan yang telah ada sejak zaman Buddha Gotama. Pada masa itu, para pertapa umumnya menerima dana makanan dari rumah ke rumah untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka.

Begitu pula dengan Buddha Gotama, setiap pagi Buddha dan rombongan para bhikkhu pergi meninggalkan vihara, memasuki desa-desa untuk ber-pindapatta.

Selain untuk memperoleh dana makanan, pada zaman Buddha, pindapatta juga digunakan untuk pendekatan kepada masyarakat, tak jarang masyarakat yang melihat Buddha Gotama pindapatta kemudian memohon pembabaran Dhamma kepada Buddha.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara