• Thursday, 25 April 2024
  • Surahman Ana
  • 0

Foto     : SS Zoom

Sebagai bagian dari agenda tahunan menyambut Hari Raya Waisak, Wanita Theravada Indonesia (Wandani) kembali menggelar gerakan 1000 Atthasila online bagi umat Buddha yang tergabung dalam Keluarga Buddhis Theravada Indonesia (KBTI). Acara spiritual ini diselenggarakan melalui platform Zoom dan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Wanita Theravada Indonesia pada Minggu (21/4/2024).

Di tahun ini, kegiatan mengusung tema “Memperkokoh Persatuan dalam Keberagaman”. Meskipun nama acara adalah 1000 Atthasila, namun pada tahun ketiga sejak pelaksanaannya pada tahun 2022, antusiasme umat Buddha meningkat pesat. Tercatat sebanyak 1.446 umat Buddha dari berbagai daerah di Nusantara mengikuti gerakan ini.

Peserta yang berpartisipasi berasal dari berbagai vihara di seluruh Indonesia, antara lain Lombok-NTT dengan 5 vihara, Jawa Tengah 33 vihara, Jabodetabek 4 vihara, Kalimantan Barat 1 vihara, Jawa Timur 1 vihara, Papua 3 vihara, dan Sulawesi Selatan 1 vihara. Selain itu, terdapat tambahan 150 peserta yang mendaftar secara mandiri.

Acara dibuka dengan puja bakti pagi yang dimulai pukul 05.00 WIB, diisi dengan anusasana oleh Bhante Santacitto. Sementara itu, puja bakti malam dilaksanakan pukul 18.00 WIB dengan Dhammadesana oleh Bhante Uttamo.

Mewakili Sangha Theravada Indonesia (STI), Bhante Santacitto mengapresiasi penyelenggaraan acara ini dan menekankan pentingnya praktik atthasila dalam kehidupan sehari-hari. “Kami dari STI sangat mengapresiasi kegiatan Uposathasila yang dilakukan oleh Wandani. Praktik atthasila sebaiknya dilakukan secara rutin oleh umat Buddha, tidak hanya pada hari Uposatha tetapi juga dalam kesehariannya,” terang bhante.

Selain praktik delapan kemoralan, hari Uposatha juga dijadikan momen untuk praktek kebajikan lainnya. “Selain praktik delapan sila, hari ini adalah waktu yang tepat untuk merenungkan sifat-sifat luhur Buddha, Dhamma, dan Sangha, serta praktek perenungan terhadap kedermawanan dan meditasi untuk mengembangkan kebijaksanaan,” tambah bhante.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan jubah kepada Bhikkhu Sangha dan diakhiri dengan pelimpahan jasa.

Dengan terselenggaranya gerakan 1000 Atthasila ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran spiritual umat Buddha dalam menjalankan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara