• Thursday, 23 November 2023
  • Surahman Ana
  • 0

Foto     : Dok. Panitia/Andrew Hadi

Wihara Ekayana Serpong (WES) Tangerang selenggarakan perayaan Kathina 2567 BE pada Minggu (19/11/2023). Rangkaian acara yang dimulai sejak pukul 08:00 WIB ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari pindapata hingga Sanghadana, dan diikuti oleh lebih dari 3.000 umat.

Perayaan Kathina di WES dihadiri oleh Kepala Wihara Ekayana Bhante Aryamaitri Mahasthavira, Wakil Kepala Wihara Ekayana Bhante Dharmavimala Mahathera, dan 22 anggota Sangha lainnya. Bhante Saddhanyano Mahathera memberikan wejangan Dharma pada acara tersebut, menekankan keistimewaan perayaan Kathina yang ditetapkan langsung oleh Buddha dan dirayakan semasa hidupnya.

Beliau juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antara umat awam dan anggota Sangha dalam merawat dan mengembangkan ajaran Buddha di Indonesia. Bhante Saddhanyano menyarankan agar umat awam mendukung praktik latihan para anggota Sangha dengan memberikan dukungan dalam bentuk dana kebutuhan pokok seperti jubah, makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal. Pesan ini sejalan dengan tema Kathina 2023, yaitu “Berdana kepada Sangha, Mendukung Siar Dharma, Membuat Kita Bahagia”.

Setelah wejangan Dharma, acara dilanjutkan dengan prosesi Sanghadana, di mana umat Buddha memiliki kesempatan untuk menyampaikan dana mereka di hadapan Sangha. Selain itu, WES juga menyelenggarakan Kathina Anak, khusus untuk anak-anak Sekolah Minggu WES. Sebelum perayaan Kathina, WES telah mengadakan beberapa kegiatan, seperti aksi donor darah, Friendship Day Komisi Pemuda WES, dan latihan meditasi, sebagai rangkaian acara untuk menyambut perayaan ini.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara