KBI Jakarta menggelar perayaan Waisak di Cibubur
  • Wednesday, 25 May 2022
  • Ngasiran
  • 0

Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) Provinsi Jakarta menggelar peringatan Waisak di Vihara Bhakti Pramuka Cibubur, Jakarta Timur Sabtu, (21/05). Acara dihadiri oleh puluhan anggota sangha, Pembimas Buddha DKI Jakarta, serta 300 umat Buddha dari pelbagai vihara di Jakarta, Bogor, dan Bekasi mengangkat tema Dalam Cinta Kasih, Semua Bersaudara.

“Trisuci Waisak adalah momen istimewa bagi umat Buddha. Tiap tahun, umat Buddha selalu antusias dan penuh suka citta merayakan Waisak sebagai wujud keyakinan dan praktik ajaran Buddha Dharma,” ucap Tommy Siawira, ketua panitia acara ini. 

Sementara itu Suyanto, Ketua MBI Jakarta mengajak umat Buddha untuk bersama-sama mensyukuri dan merenungkan kembali makna Waisak. “Kelahiran Bodhisatwa Siddhartha ke bumi merupakan bentuk cinta kasih kepada umat manusia, usaha Sidharta mencari obat mengakhiri penderitaan manusia hingga terealisasinya pencerahan agung juga bentuk cinta kasih yang tiada bandingnya,” tambah Suyanto. 

Meneladani cinta kasih dari Buddha, selayaknya kita bersama juga mempraktekan tindakan baik melalui pikiran, ucapan dan perbuatan. Agama Buddha menjunjung tinggi nilai pluralisme dan toleransi pada sesama manusia. 

Dalam Karaniyametta Sutta (Sn.149), Buddha bersabda, “Bagaikan seorang ibu mempertaruhkan jiwanya melindungi anaknya yang tunggal, demikianlah terhadap semua makhluk dipancarkannya pikiran cinta kasih tanpa batas.” Beliau mengajarkan kita untuk melihat semua orang adalah teman dan saudara, bahkan harus memandang mereka seperti kerabat terdekat kita sendiri. [MM]

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *