• Saturday, 22 May 2021
  • Ngasiran
  • 0

Ana Surahman (34), jurnalis BuddhaZine tak kuasa menolak saat diminta umat Buddha Vihara Dhammadipa, Dusun Jambe, Desa Garon, Kec. Sumowono, Kab. Semarang memimpin puja bakti Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD), Selasa (18/5). Kedatangan Ana Surahman dan tim BuddhaZine hari itu sebenarnya untuk meliput aktivitas umat menjalankan program SPD jelang hari raya Waisak.

“Mumpung vihara ini kedatangan anak-anak muda, monggo njenengan yang mimpin puja bakti, Mas. Supaya kami bisa merasakan dipimpin anak muda,” pinta Ponidah (50).

Mendengar permintaan itu Ana Surahman langsung menuju altar menyalakan lilin, dupa, dan memimpin umat melantunkan bait-bait paritta suci.

Malam itu umat Buddha Dusun Jambe yang ikut puja bakti hanya 4 orang. Semuanya sudah sepuh. Ibu Turuti berusia 70 tahun, Mbah Ismail 80 tahun, Pak Tukidi 50 tahun, dan Ponidah 50 tahun. Satu orang lagi yang biasa rutin mengikuti puja bakti tidak berangkat karena sedang berkunjung lebaran ke rumah kerabat.

“Biasanya kami puja bakti hanya 5 orang tiap pagi dan sore hari. Kebetulan malam ini yang satu tidak berangkat karena sedang royoyo ke rumah saudara,” kata Turuti.

Berbeda dengan vihara-vihara lain yang mendapat bimbingan dharma di waktu-waktu tertentu dalam program SPD, di vihara ini hanya membaca paritta. Meski begitu, Mbah Turuti dan kawan-kawan tidak pernah patah semangat untuk menjalankan ibadah. “Kalau ada yang datang begini kami lebih semangat,” imbuh Turuti.

Sebulan Pendalaman Dharma adalah program menyambut Waisak terutama bagi vihara- vihara di bawah binaan Sangha Theravada Indonesia (STI). Dalam program ini, umat Buddha rutin menjalankan puja bakti bersama dan menjalankan 8 sila (atthanggasila).

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *