• Monday, 9 January 2023
  • Deny Hermawan
  • 0

Relasi antara guru agung India, Atisha Dipankara Srijnana (982-1055) dengan Dewi Tara memang kondang di dunia Buddhis, terutama bagi mereka yang mendalami agama Buddha Tibetan.

Dalam banyak kesempatan, Dewi Tara muncul dalam mimpi maupun pengelihatan murni Atisha, guna memberikan nasihat dan petunjuk untuk menghadapi berbagi situasi dan problematika.

Bahkan ada kisah mengenai arca Tara di Bodhgaya yang berbicara kepada Atisha, ketika ia tengah melakukan pradaksina di sana.

Di Indonesia sendiri, terdapat Candi Kalasan yang merupakan candi untuk pemujaan Mahadewi Arya Tara. Selesai dibangun pada 778 M oleh Rakai Panangkaran dari Wangsa Sanjaya, candi yang terletak di daerah Kalasan ini menjadi peninggalan tertua terkait pemujaan Tara di Nusantara.

Menurut catatan sejarah Tibet, Atisha pernah mengunjungi Suvarnadvipa selama 12 tahun, yang terutama untuk belajar dari Mahaguru Dharmakirti.

Suvarnadvipa lazimnya diterjemahkan dan dianggap sebagai Pulau Sumatera, tempat Kerajaan Sriwijaya berada.

Namun seorang pakar dari India, Niraj Kumar –penulis buku Kalacakra Tantra Vol. 1 (2022) — berkeyakinan bahwa selain ke Sumatera, Atisha juga pernah ke Jawa dan mengunjungi Candi Kalasan.

“Atisha yang berasal dari [Biara] Vikramashila, pusat utama [pemujaan] Tara, pasti berlatih di [Candi] Kalasan di Jawa,” ungkap Niraj lewat keterangan tertulis kepada BuddhaZine, Desember 2022.

Ia mengakui, tidak ada bukti tertulis terkait kunjungan Atisha ke Jawa ini. Namun menurut dia, jika melihat teks esoteris Buddhis Jawa Sang Hyang Kamahayanikan, di situ dibahas mengenai konsep Bodhicitta dan formulasi tantra.

“Itu menjadikan Jawa tempat pembelajaran praktik Bodhicitta, yang konon telah dipelajari Atisha,” imbuh dia.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *