• Sunday, 20 October 2024
  • Ngasiran
  • 0

Foto: Sonny Gunawan

Upacara Pavarana digelar di Padepokan Meditasi Buddhayana, Gunung Lorokan, Mojokerto, pada Kamis, 17 Oktober 2024, pukul 09.00 WIB. Acara tersebut menandai berakhirnya masa retret selama tiga bulan atau yang sering disebut sebagai masa vassa para anggota Sangha.

Acara diawali dengan penutupan program pabbajja samanera dan samaneri masa vassa yang dipimpin oleh Y.M. Attadipo sebagai guru pembimbing. Khotbah Dharma disampaikan oleh Y.M. Nyanasila Thera., yang juga merupakan guru diksa sekaligus Kepala Padepokan Meditasi Buddhayana.

Selama tiga bulan, para peserta menerima bimbingan intensif dalam meditasi satipatthana, yang didasarkan pada kajian Dhammacakkappavattana-Sutta, serta instruksi meditasi yang berlandaskan Mahasatipatthana-Sutta.

Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan Pavarana oleh Sangha sebagai tanda berakhirnya masa retret vassa, sekaligus menjadi awal dari rangkaian perayaan Sanghadana Kathina.

Puncak dari upacara Pavarana ini adalah Sanghadana dan pelimpahan jasa. Dalam khotbahnya pada upacara tersebut, Bhante Nyanasila Thera., menyampaikan:

“Jika merujuk pada khotbah Buddha kepada Yang Ariya Mahamonggalana dalam Ullambana Patra Sutra, hari Pavarana, yang jatuh tepat pada tanggal 15 bulan 7, adalah hari yang baik untuk menunjukkan bakti kepada orang tua dan leluhur melalui derma makanan kepada Sangha atas nama mereka.”

Setiap tahun, puncak upacara Pavarana di Padepokan Meditasi Gunung Lorokan, Mojokerto, selalu diisi dengan sanghadana makanan dan pelimpahan jasa sebagai bagian dari upacara Ullambana, sesuai instruksi Buddha dalam Ullambana Patra Sutra.

Di sela-sela acara Sanghadana, dilakukan penyerahan relik lima biku pertama (pancavaggiya bhikkhu) kepada Kepala Padepokan, Y.M. Nyanasila, Thera., dari Waki Relic Museum, Malaysia. Penyerahan ini dilakukan oleh Ibu Putu Nonik Hendrayani selaku Ketua Yayasan Agga Jina Mitto.

Relik pancavaggiya-bhikkhu tersebut rencananya akan disimpan di Wihara Tantular Sugata Wilwatikta, “Buddhayana Center Mojokerto,” bersama dengan relik Buddha dan para siswanya.

Selamat mengakhiri masa retret vassa kepada Yang Mulia Sangha. Semoga selalu diberkati kemudahan dan kemajuan dalam Dharma. Selamat Hari Kathina!

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *