• Wednesday, 3 February 2021
  • Sunyaloka
  • 0

Puluhan vihara mancanegara terdapat di Bodhgaya. Bodhgaya adalah tempat Buddha mencapai Penerangan Sempurna. Merupakan salah satu dari empat tempat yang akan membangkitkan rasa bakti yang kuat kepada Buddha, selain Taman Lumbini (tempat Buddha dilahirkan), Benares (tempat Buddha pertama kali memutar Roda Dharma), dan Kusinagara (tempat Buddha mahaparinirwana).

Menurut Buddha mereka yang meninggal dunia dengan penuh rasa bakti akan terlahir di surga. Oleh karena itu para siswa Buddha dari empat kelompok (biksu, biksuni, upasaka, upasika) seyogianya mengunjungi empat tempat tersebut.

Selain Mahavihara Mahabodhi, di sekelilingnya terdapat banyak wihara dari berbagai negara. Juga terdapat sejumlah pusat meditasi dan institut pengajaran agama Buddha. Oleh karena itu mereka yang berkunjung ke Bodhgaya tentunya akan dapat menyaksikan kebhinnekaan arsitektur dan budaya agama Buddha setelah tersebar luas dari India.

Vihara Thailand, dibangun pada tahun 1957

Wihara bergaya Tibet, dibangun pada tahun 1945

Roots Institute, Tibet, dibangun pada tahun 1984

Vien Giac Institute, Vietnam, dibangun pada tahun 2002

Keberadaan vihara-vihara dari mancanegara tersebut juga menunjukkan bahwa Bodhgaya telah mengundang dan mempersatukan bangsa-bangsa di dunia lewat bakti umat Buddha kepada guru junjungannya.

Di samping lima wihara/institut tersebut menurut website Bodhgaya Rooms juga terdapat puluhan lainnya, dan tentunya akan dapat bertambah lagi :
a. 5 wihara, 1 wihara wanita, 1 pusat meditasi Thailand
b. 5 wihara dan 1 pusat meditasi Burma (Myanmar)
c. 5 wihara Tibet
d. 2 wihara dan 1 institut Vietnam
e. 2 wihara Laos
f. 2 wihara Kamboja
g. 2 wihara Jepang
h. 2 wihara Taiwan
i. 1 wihara Korea
j. 1 wihara Sri Lanka
k. 1 wihara Bangladesh
l. 1 wihara Kerajaan Bhutan
m. 1 wihara Sikkim
n. 1 wihara Nepal
o. 5 wihara dan 2 pusat meditasi lainnya.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *