• Wednesday, 19 May 2021
  • Joko Adi Pradana
  • 0

Di abad 21, banyak perkembangan dalam berbagai bidang terutama teknologi. Hal ini berefek pula pada sektor lain dalam kehidupan manusia seperti pendidikan, gaya hidup, ekonomi, kesehatan, dll. Lalu bagaimana peran pemuda buddhis diabad 21 ini?

Abad 21 adalah suatu perhitungan waktu yang didasarkan pada kalender gregory yang dimulai dari tahun 2001 sampai pada tahun 2100. Pada abad ini teknologi berkembang cepat dan pesat. Perkembangan tersebut menyebabkan keterkaitan suatu negara satu dengan negara lainnya yang disebut dengan globalisasi.

Bahkan berbagai organisasi di dunia telah mencoba merumuskan berbagai macam keahlian dan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi abad ke-21 ini. Tetapi, hal yang harus diperhatikan bahwa mendidik generasi muda di abad ke-21 ini tidak bisa hanya dilakukan menggunakan satu pendekatan saja. Karena di abad 21 semakin membaurnya penduduk dunia dalam satu tatanan kehidupan.

Gaya hidup yang menyangkut pilihan karier, kesibukan individu, makanan, pakaian, dan kesenangan, yang mengalami perubahan begitu pesat, kita bisa melihat sendiri gaya hidup masyarakat kota-kota besar mulai menjalar hingga ke kota kecil bahkan ke desa-desa. Bentuk tradisional yang ada selama ini berkembang, mengalami pepaduan dengan gaya hidup global. Gaya hidup internasional mulai menjadi trend saat ini.

Masyarakat di dunia saat ini memang telah di mudahkan seperti dunia dalam genggaman. Teknologi informasi dapat digunakan secara virtual dengan siapa saja, kapan saja, di mana saja, dalam berbagai bentuk yaitu suara dan gambar yang dapat menyajikan sebuah informasi, data, peristiwa dalam waktu yang sangat cepat. Secara psikologis kondisi tersebut akan membawa manusia pada perubahan mental, perilaku bahkan kebiasaan setiap orang.

Lalu, kembali ke pertanyaan awal, bagaimana peran generasi muda Buddhis di abad 21 ini? Generasi muda Buddhis sudah cukup berperan dalam perkembangan di abad 21 ini, yaitu kini bisa kita lihat teman-teman bisa membaca artikel ini, dan bisa juga melihat konten Dhamma menarik, animasi-animasi Buddhis, ceramah online, bahkan juga puja bakti online berikut tadi dapat di ciptakan kerana perekembangan di abad 21 ini menjadikan kita bisa mudah belajar Dhamma.

Namun dalam suatu hal yang sedang berkembang pasti ada kelemahan dan dampak negative yang di timbulkan. Seiring perkembangan teknologi di abad 21 ini ada orang yang mengatakan “mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.”[MM]

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara