• Monday, 22 September 2014
  • Sutar Soemitro
  • 0

Sebagai seorang Buddhis, Anda pasti tahu bahwa cara terbaik untuk meraih kebahagiaan adalah dengan meditasi. Jika Anda seorang Buddhis dan ingin hidup bahagia, meditasi adalah cara yang tak bisa ditawar-tawar lagi.

Tapi bermeditasi bukanlah hal yang mudah dilakukan bagi sebagian orang. Nah, sembari membiasakan diri melatih diri bermeditasi, berikut ini ada lima cara mudah agar hidup kita lebih bahagia.

1. Ubah cara berpikir dan perilaku
Jangan senang menjadi orang yang pesimis. Sebuah studi di Universitas Harvard menunjukkan bahwa orang yang optimis tak hanya 50% lebih bahagia namun juga beresiko lebih kecil terkena penyakit jantung atau stroke. Orang yang pesimis juga tiga kali lipat lebih sering mengalami masalah kesehatan dibanding mereka yang optimis.

2. Kurangi jam kerja
Denmark adalah negara terbahagia di dunia menurut PBB. Apa rahasianya? Orang-orang Denmark memiliki hidup yang seimbang. Rata-rata dari mereka hanya bekerja 33 jam per minggu. Jadi jangan takut mengurangi jam kerja untuk mendapatkan hidup yang lebih bahagia.

3. Fokus pada pengalaman
Singkirkan benda-benda dan gadget Anda. Orang Denmark selalu fokus pada memori dan pengalaman riil. Terlalu banyak membeli barang atau menghabiskan waktu dengan ponsel justru dapat menimbulkan stres. Cara mudah untuk bahagia adalah membangun relasi akrab dengan orang-orang di sekitar Anda. Bersosialisasilah karena kegiatan dengan orang lain membuat Anda tidak merasa kesepian dan merasa lebih bahagia.

4. Menjadi sukarelawan
Berdasarkan belasan studi, para sukarelawan memiliki hidup yang lebih bahagia. Lagi-lagi, orang Denmark membuktikan hasil penelitian ini dalam angka yang riil; sebanyak 43% dari mereka secara rutin menjadi sukarelawan. Para ahli mengatakan bahwa memberi membuat kita lebih bahagia dibanding menerima. Menjadi sukarelawan, menyumbangkan donasi, dan melakukan hal baik membuat kita lebih bahagia.

5. Tertawa
Ini bukanlah saran yang klise. Studi menunjukkan bahwa tawa dapat memproduksi kebahagiaan. Saat tertawa, kadar endorfin (hormon yang membuat kita bahagia) dalam tubuh meningkat. Para peneliti berkata bahwa tubuh juga tak bisa membedakan antara tawa palsu dan tawa sungguhan. Jadi paksalah diri sendiri untuk tertawa selama beberapa menit setiap hari. Sebuah cara yang sangat mudah untuk menjadi lebih bahagia. (tribunnews)

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *