• Thursday, 12 April 2018
  • Kania
  • 0

Pernah mendengar cerita tentang seorang biksu terbang? Berikut cerita dari V. R. Sasson yang dilansir dari Buddhistdoor.net.

Itu bisa jadi mimpi. Seorang biksu berada di atas pegunungan Taiwan, terukir di sisi bukit. Jalan sempit adalah satu-satunya yang memisahkan saya dari ombak laut yang menerjang jauh di bawah. Jika saya berjalan terlalu dekat ke tepi dan kehilangan keseimbangan, maka tidak akan ada apa-apa yang menangkap saya. Saya bertanya-tanya apakah itu bagian dari tujuan.

Guru itu seorang yang karismatik, penyayang, dan kontroversial, dan sangat dramatis seperti biara yang dibangun atas namanya. Kisahnya tentang menjadi seorang tentara anak di Burma sering menjadi bagian dari pendahuluannya.

Ketika akhirnya ia mencapai Taiwan setelah serangkaian petualangan panjang, ia mencukur kepalanya dan mengukir Sutra Hati ke kulitnya. Salah seorang biksuni mengatakan kepada saya bahwa tatonya memiliki kesalahan penulisan — detail yang membuatnya lebih menawan.

Suatu hari, Guru mengajak saya berjalan-jalan. Ia membawa saya ke sebuah gua batu kecil dan bercerita bahwa dia pernah menghabiskan satu tahun untuk bermeditasi di tempat yang sangat luas itu. Itulah alasan ia memilih untuk membangun biaranya di sini — jantung dunianya.

Kemudian ia memberitahu saya tentang hal lain: bahwa ia tidak makan atau minum untuk hampir sepanjang tahun ketika ia tinggal di gua. Ia hanya memiliki beberapa pil yang terbuat dari nektar bunga misterius, tetapi tidak mengonsumsi apa pun (kecuali beberapa tetes air) selama satu tahun penuh.

Seperti dugaan Anda, tanggapan saya adalah menatapnya dengan tak percaya. Saya akhirnya menenangkan diri dan memintanya untuk mengulangi ceritanya, untuk memastikan saya mengerti. Jadi ia mengulangi ceritanya, dengan informasi yang tidak bisa dimengerti seperti sebelumnya. Saya terus menatapnya, yang tampaknya tengah terhibur. Ia tertawa dengan lembut, menepuk pundakku, dan memberitahuku bahwa sudah waktunya untuk pergi.

Apa yang harus saya lakukan dengan cerita itu? Saya sangat mengenal Guru, saya cukup yakin ia bukan pembohong, namun… Apakah saya benar-benar harus memercayainya? Keadaan ini tentunya menimbulkan banyak pertimbangan; sudahkah ia menceritakan kisah itu di wilayah yang lebih kukenal, apa yang akan kupikirkan? Saya masih tidak tahu jawaban untuk pertanyaan itu.

Baca juga: Mengenal Tujuh Belas Guru Suci dari Universitas Nalanda

Saya akhirnya kembali menemuinya untuk bertanya lagi, tetapi ia tidak terlalu terbuka. Saya pikir ia sangat menikmati kekhawatiran saya dan memutuskan untuk meninggalkan saya di dalamnya. Yang ia lakukan hanyalah mengingatkan saya bahwa ada kisah-kisah Buddha melakukan hal-hal seperti itu. “Tapi Anda bukan Buddha!” respon spontan saya. Ia tersenyum penuh teka-teki dan berjalan pergi.

Saya dapat menghargai peran “Guru Buddha misterius.” Ini adalah tradisi Guru Buddha yang telah lama mereka nikmati saat mereka bermain dengan pertanyaan orang lain dengan harapan bisa mengungkap beberapa kesimpulan di kepala kita. Tidak semuanya perlu dijelaskan, juga tidak ada jawaban konkret untuk setiap pertanyaan.

Tapi ini bukan hanya permainan baginya, bahkan jika ia bersenang-senang dalam prosesnya. Guru bersikeras pada fakta-fakta dari ceritanya dan para pengikutnya mengulanginya dengan tegas. Ia mungkin mempermainkan saya, tetapi ia juga bermaksud pada apa yang ia katakan dan sedang menunggu saya untuk terlibat.

Tapi bagaimana caranya? Saya terus mencari-cari relung pikiran saya untuk semua yang saya butuhkan untuk memahami pernyataannya. Saya tidak berpikir dia berbohong; namun saya tidak percaya dia mengatakan yang sebenarnya. Apakah ada sesuatu di antara yang tidak bisa saya lihat?

Saya memutuskan bahwa saya perlu bantuan independen dan saya tahu orang yang harus didekati: seorang guru agung Tibet dengan gelar PhD dari Cambridge. Tentunya dia bisa mengklarifikasi masalah ini untuk saya dengan cara yang bisa saya pahami. “Apa yang Anda buat dari cerita-cerita ini?” saya bertanya padanya suatu hari. “Apakah dia berbohong?”

Sayangnya, dia membuatku lebih bingung. “Hal seperti itu mungkin,” katanya. “Saya sendiri melakukan sesuatu yang seperti itu — tetapi hanya untuk beberapa bulan. Saya belum selesai setahun. ”

Saya berhenti dan menatapnya. “Serius?” adalah respons paling akademis yang bisa saya lakukan. Dan kemudian dia melakukan apa yang Guru lakukan sebelumnya: dia tersenyum penuh teka-teki dan mengalihkan pembicaraan ke sesuatu yang lain.

Jelas, peran Guru Buddha yang misterius itu sungguh hidup dan kuat. Itulah satu hal yang saya pelajari dari interaksi ini. Tapi secara santai, saya menduga ada lebih banyak taruhan daripada yang bisa saya lihat. Saya tidak percaya bahwa guru-guru ini adalah pendusta, tapi saya tidak benar-benar percaya bahwa mereka mengatakan yang sebenarnya. Oleh karena itu saya berada dalam dengan kemungkinan bahwa saya kehilangan sarana yang dibutuhkan dari persediaan intelektual saya.

Baca juga: Memuliakan Guru adalah Keniscayaan

Guru-guru ini juga mengarahkan saya pada tradisi panjang cerita magis, yang sebagian besar jauh lebih dramatis daripada berpuasa dalam waktu lama.

Biksu terbang dan guru melayang adalah bagian yang akrab dari medan ini. Beberapa bahkan mereka mengatakan telah dapat lolos melalui lubang kunci, sementara yang lain bisa melihat kehidupan masa lalu seseorang. Ilusi magis dihasilkan untuk kepentingan para saksi, dan banyak guru dikatakan telah dapat menghilang ke awan pelangi saat dibutuhkan.

Buddha, saat keajaiban Sravasti, memberikan pengajaran dari sebuah jalan setapak permata di langit sementara tubuhnya berubah menjadi api dan air. Tidak ada kelangkaan materi ketika menyangkut prestasi manusia super dalam tradisi Buddha.

Namun demikian, kisah-kisah ini terus menantang kemampuan saya untuk memahami. Saya tidak ingin menolak tuntutan gaib dan materialisme dari tradisi. Saya cukup yakin saya akan kehilangan semua hal baik jika saya melakukannya. Tapi saya juga tidak mampu mengadopsi cerita ini. Dan juga sebagian besar dari mereka.

Ketika saya bertanya pada salah satu biksuni yang tinggal di biara Guru, apa pendapatnya tentang klaimnya, dia hampir tidak bereaksi. “Dia adalah guru yang hebat. Tentu saja apa yang dia katakan itu benar,” jelasnya tanpa berbelit-belit. Yang jauh lebih menantang adalah praktisi spiritual di wihara mereka yang menghabiskan waktunya terbang melintasi pepohonan di hutan. “Kamu tidak bisa membayangkan betapa frustasinya untuk membuatnya turun!” (Buddhistdoor.net)

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *