• Sunday, 21 January 2024
  • Ngasiran
  • 0

Foto: Ngasiran

Hari masih dini, tepat pukul 05.00 WIB, ketika puluhan orang berkumpul untuk bermeditasi di Lapangan Kenari, Candi Borobudur, Magelang, pada Sabtu (20/1). Mereka adalah peserta dari Forum Meditasi, bagian dari peringatan 1200 tahun Candi Borobudur yang diinisiasi oleh Borobudur Writer and Cultural Festival (BWCF) bekerja sama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Buddhis Indonesia (ABTABI).

Meditasi diikuti oleh sekitar 60 orang, termasuk beberapa peserta dari luar negeri bersama dengan warga Indonesia. Dipandu oleh Bhikkhu Dittisampanno, yang juga merupakan ketua ABTABI, peserta diajak untuk duduk dalam keheningan menghadap Candi Borobudur hingga pukul 6.30 WIB.

Setelah sesi meditasi selesai, Bhante Ditti memimpin peserta untuk melakukan pradaksina, yaitu mengelilingi Candi Borobudur searah jarum jam sambil melafalkan Buddha, Dharma, dan Sangha. Usai melakukan pradaksina, para peserta melanjutkan dengan melakukan puja dan meditasi di dalam struktur Candi Borobudur.

Acara ini mencerminkan keterlibatan yang luas, tidak hanya dari komunitas lokal tetapi juga melibatkan peserta dari berbagai negara. Dengan dipandu oleh Bhikkhu Dittisampanno, ketua ABTABI, acara meditasi ini menjadi momen yang mendalam dan berarti dalam merayakan warisan sejarah Candi Borobudur yang telah berusia 1200 tahun.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *