• Tuesday, 2 January 2024
  • Surahman Ana
  • 0

Foto     : Dok. Panitia

Menyambut tahun baru, para bhikkhu Thudong India-Nepal masih berada di Nepal dan sedang dalam perjalanan kembali ke India. Hari ini, Selasa (2/01/2024), mereka telah mencapai perbatasan Nepal-India.

Panitia Thudong, Suryawati, mengkonfirmasi bahwa pada malam pergantian tahun, para bhante sedang dalam perjalanan. “Pada tanggal 31 Desember 2023, mereka berada di Wat Thai Ramgram Devdaha, Nepal. Mereka mulai berjalan jam 11 malam, sehingga saat tepat pergantian tahun, mereka berada dalam perjalanan menuju Wat Thai 960 di India,” terang Suryawati kepada BuddhaZine pada Selasa (2/01).

Dalam sebuah video yang diunggah pada Selasa (2/01) di saluran YouTube Maha Kassapa Thera, Phra Gosakho, bhikkhu Thudong dari Indonesia, menyampaikan ucapan selamat tahun baru. Terlihat dalam video tersebut, bhante berjalan di malam hari sambil menyampaikan harapannya, “Selamat tahun baru 2024. Semoga dengan tahun baru, Anda dapat membuka lembaran baru, memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik dan bijaksana dalam segala bidang.”

Meskipun sebagian besar orang sibuk merayakan pergantian tahun, para bhikkhu tetap fokus melakukan perjalanan mereka. Dalam perjalanan, para bhante harus menghadapi cuaca dingin hingga mencapai suhu 9 derajat Celsius.

Suryawati menambahkan bahwa hingga saat ini, jumlah bhante berkurang satu, namun alasan kepulangan bhante tersebut tidak diungkapkan. “Satu bhante pulang ke Thailand setelah menyelesaikan acara di Kathmandu,” tambah Suryawati.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *