• Saturday, 25 May 2019
  • Rendy Arifin
  • 0

PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang melalui pembinaan mental dan karakter bagi para WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang dilakukan setiap Sabtu di Vihara Kusala Cetana membuahkan kabar baik berupa penyerahan Remisi Khusus (RK) untuk Waisak tahun 2019. Pembinaan yang mulai dilakukan pada tahun 2011 oleh Dewan Penasihat PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang yaitu Hendra yang kemudian temurun mulai dari ketua cabang pertama hingga ketua cabang ke-4 saat ini yaitu Hardi.

Ada yang berbeda di Hari Tri Suci Waisak 2563BE/2019 kali ini, Para WBP yang setiap minggu selalu mengikuti kegiatan pembinaan mulai merasakan manfaatnya berupa Remisi (Masa Pengurangan Tahanan). Penyerahan SK Remisi Acara ini dihadiri oleh Kepala Sub Seksi Registrasi Syamsul Hidayat A.R (mewakili Kepala Lapas Pemuda Tangerang) beserta jajarannya, Dewan Penasihat PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang saudara Hendra (Acong) dan Ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang saudara Hardi. Acara ini  berlangsung hikmat di ruang Dhammasala Vihara Kusala Cetana Lapas Pemuda Tangerang, Minggu (19/5).

Sebanyak 33 WBP yang beragama Buddha mendapat remisi khusus Waisak. Remisi Khusus I yaitu berupa masa pengurangan tahanan mulai dari 1 bulan hingga 1 bulan 15 hari, bahkan salah seorang WBP mendapatkan Remisi Khusus II yang mana WBP bisa langsung bebas.

Dalam sambutannya, Syamsul mengatakan bahwa remisi merupakan hak para WBP yang memenuhi syarat substantif dan administratif, para WBP pasti akan mendapatkannya tanpa pungli atau embel-embel lainnya. Dirinya juga mewakili Kepala Lapas untuk mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2563BE/2019 kepada  seluruh para WBP yang beragama Buddha. “Semoga perayaan Waisak bisa menjadi momentum untuk menjadi lebih baik lagi, serta dapat terus meningkatkan kerukunan antar umat beragama,” paparnya.

Baca juga: Warga Binaan Lapas Tangerang Rayakan Waisak dengan Sederhana Namun Sakral

Dalam kesempatan yang sama, Hendra (Acong) memberikan apresiasi atas acara penyerahan SK Remisi Khusus Waisak kepada para WBP. Menurutnya, hal ini merupakan wujud dari toleransi antar umat beragama yang telah berjalan di Lapas Pemuda Tangerang. “Selama 8 tahun ikut membantu pengurus Vihara Kusala Cetana Lapas Pemuda Tangerang, baru kali ini diselenggarakan acara penyerahan Remisi. Ini merupakan wujud penghargaan bagi kami, dan para WBP khususnya yang notabene minoritas,” tandas Hendra (Acong) selaku Dewan Penasihat PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang.

“Saya bersyukur kebajikan yang kita lakukan selama ini mulai terlihat, tidaklah ada sesuatu yang percuma saat kita berbuat baik, selama kita tetap merawat dan menjalankan kebaikan disetiap harinya, perubahan didalam diri dan lingkungan sekitar akan selalu terjadi,” Tambah Hardi ketua PC HIKMAHBUDHI Kota Tangerang. Kemudian acara ditutup dengan doa bersama secara agama Buddha.

=================

Ayo Bantu Buddhazine

Buddhazine adalah media komunitas Buddhis di Indonesia. Kami bekerja dengan prinsip dan standar jurnalisme. Kami tidak dibiayai oleh iklan. Oleh sebab itu, kami membuka donasi untuk kegiatan operasional kami. Jika anda merasa berita-berita kami penting. Mari bordonasi melalui Bank Mandiri KCP. Temanggung 1850001602363 Yayasan Cahaya Bodhi Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *